Banyak siswa yang menempuh ujian nasional (UN) mengalami stress,
meski telah dilakukan rangkaian acara pemantapan mata pelajaran atau pun
bimbingan belajar. Penyebab para siswa itu stres menghadapi UN, karena
dalam sepekan ujian itu akan menentukan nasib mereka meski sudah belajar
dengan tekun sekitar tiga tahun. Siswa mengalami tekanan psikis
menghadapi ujian nasional (UN). Ditambah lagi pihak sekolah mengadakan
bimbingan belajar hingga pukul 16.00. Setelah itu mereka mengikuti
bimbingan belajar di tempat les diluar sekolah. Pulang malam hari hanya
tinggal lelah dan letih. Fisik dan psikis dipaksa kerja keras.
Dalam mempersiapkan siswa menghadapi UN, jangan sampai memberatkan
siswa. Porsi belajar yang berlebihan justru akan menimbulkan efek
negatif saat hari H pelaksanaan UN. Pendidikan yang baik dapat dilihat
dari proses belajar secara benar dari kelas awal hingga akhir.
Agar siswa tidak stres, guru dan orang tua bisa memberikan motivasi
dan bimbingan mental agar mereka lebih siap untuk menjalani UN. Hanya
kebiasaan belajar yang dipupuk sejak jauh-jauh hari yang menjadi cara
menghadapi UN. Siswa yang sudah terbiasa belajar secara mandiri akan
dengan menghadapi UN. Sebab, UN bukanlah sesuatu yang baru sehingga
siswa seharusnya sudah mempunyai persiapan saat akan menghadapi ujian.
Orang tua dan guru sebaiknya tidak memberikan tekanan atau
menakuti-nakuti siswa yang akan menghadapi UN. Orang tua dan guru
memberikan rasa optimistis dan motivasi mereka. Selain itu, orang tua
dapat mendidik anaknya agar terbiasa belajar mandiri. Sikap ini bisa
dibangun ketika anak berada di Sekolah Dasar. Di tengah masyarakat yang
mengedepankan angka kelulusan, orang tua dan guru tetap dituntut untuk
lebih mengedepankan pemahaman dalam belajar bukan hafalan.
Kerja keras, dan kerja cerdas dalam menghadapai UN. Tetap berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Semoga bermanfaat
Saturday, January 25, 2014
Cara Menghadapi UN
Posted by
Nurita Putranti
Labels:
Edukasi,
gaya belajar,
IT,
kelas xii,
menulis,
metode pembelajaran,
pembelajaran,
pendidik
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment