Thursday, February 11, 2010

Try Out Menjelang Ujian Nasional


Ujian Nasional (UNas) sudah semakin dekat. Pihak sekolah, Disdik tingkat Kota, Disdik tingkat Provinsi, orang tua berpacu menggunakan berbagai strategi agar siswa memperoleh nilai yang baik. UNas hanyalah salah satu faktor kelulusan siswa. Tetapi kehebohan menghadapi UNas menjadikan UNas seperti satu2nya faktor kelulusan.

Upaya yang dilakukan sekolah dalam mempersiapkan siswa antara lain mengadakan bimbingan belajar, les, remedial, try out. Bahkan, membagikan standar kompetensi lulusan dan ruang lingkup materi yang diujikan kepada siswanya yang akan menghadapi UNas.

Try out yang dilakukan biasanya pada tingkat provinsi, kabupaten dan kota dilakukan satu kali hasilnya belum menggembirakan. Kemudian beberapa lembaga kursus dan bimbingan belajar juga tidak kalah geraknya melaksanakan try out bagi siswa-siswa yang mengecap pendidikan di lembaga yang bersangkutan. Demikian pula lembaga-lembaga kursus terkenal juga memberikan kontribusi nyata dengan melaksanakan try out. Belum lagi berbagai organisasi masyarakat dan kalangan organisasi kemahasiswaan melaksanakan progran try out dan kegiatan ini mereka melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah.

Try out sudah dilaksanakan di berbagai sekolah. Hasil try out tidak bisa langsung mencerminkan kemampuan siswa. Masih ada siswa yang belum belajar sungguh2 dalam menghadapi try out. Mereka berpikiran, try out bukanlah UNas yang sesungguhnya. Tetapi ada juga siswa yang sudah stres atau down karena hasil try out yang rendah. Baru try out saja rendah, apalagi UNas nantinya, begitu kata mereka.

Semoga try out yang dilaksanakan beberapa kali oleh berbagai pihak tersebut bisa efektif dan berdampak positif bagi hasil belajar siswa.

Kalimat penting yang saya dapatkan dari seorang guru adalah belajar itu menghadapi kehidupan bukan sekedar untuk lulus Ujian.

Semoga bermanfaat. :)


Bookmark and Share

Artikel Terkait



0 comments: