Tuesday, February 16, 2010

Lagu Toolbar Pengolah Angka








Program pengolah kata Microsoft Word tidak asing bagi kita. Penggunaan toolbar dan menu bar Microsoft Word sudah biasa digunakan. Untuk siswa kelas X SMA, metode ceramah tentu sudah membosankan bagi siswa. Apalagi mereka telah belajar Microsoft Word sejak Sekolah Menengah Pertama. Jadi saya meminta siswa membentuk kelompok untuk membuat lirik lagu menggunakan fungsi2 toolbar/menu bar yang ada di Microsoft Word. Ini berfungsi untuk mengingatkan mereka penggunaannya sekaligus untuk mengaktifkan otak kiri dan kanan..

Saya pun melibatkan guru bidang studi lain untuk mengomentari penampilan para siswa. Ada 3 guru yaitu guru bidagn studi biologi (Bu Trima) , fisika (Bu Udz) dan penjas (Bu Susi). Layaknya kontes musik yang digelar di televisi2, para siswa pun semangat menampilkan karya per kelompok.

Ini saya copy-kan salah satu lirik lagu yang di buat oleh siswa kelas X.

Microsoft word

punya fungsi

Standar toolbar

Formatting toolbar

Dan juga drawing toolbar

Standar toolbar

Ada delapan belas fungsinya

Diantaranya

Yang pertama

Fungsi copy

Untuk menyalin data

Yang kedua adalah Fungsi save

Yaitu berfungsi Untuk menyimpan dat a

Yang ketiga adalah

Fungsi print preview

Untuk menampilkan dokumen di layar

Selanjutnya icon Formatting toolbar

Ada enam belas fungsinya

Diantaranya

Yang pertama Font

untuk ganti jenis huruf

Kedua font size

Untuk mengganti ukuran huruf

Drawing toolbar

Terbagi menjadi

dua puluh fungsi

diantaranya

yang pertama line

membuat garis

rectangle

membuat kotak

tolong…

jangan kau lupakan fungsinya

jangan kau pikirkan

gambarnya saja

Microoft Word

banyak fungsinya.

Dan… setelah semua kelompok selesai tampil, tiba2 Bu Susi bermain gitar sambil bernyanyi selamat ulang tahun. Bu Trima dan Bu Udz pun memberikan kue ulang tahun kepada saya. Anak2 pun serempak langung bernyanyi bersama. Tak lupa sesi pemotretan menggunakan kamera Bu Susi dilakukan. Benar2 kejutan! Terima kasih untuk Bu Trima, Bu Susi, dan Bu Udz. Semoga Allah SWT membalas kebaikan ibu2. Amiin

Tanggal 15 Pebruari bertambah satu usia semoga menjadi lebih baik. Berharap satu tahun ke depan semakin dekat kepada Allah SWT, diberi kemudahan dlm pekerjaan, kemudahan rezeki, diberi kesehatan hingga melahirkan dan bisa melihat anak2ku lahir dan tumbuh menjadi anak2 saleh/shalehah, menjadi anak yang berbakti kepada ortu dan istri yang terbaik bagi suamiku. Sukses dunia-akhirat. Amiin.


Bookmark and Share

Artikel Terkait



0 comments: