Friday, February 12, 2010

Laptop untuk Guru


Pagi ini saya membaca koran ada artikel yang menarik tentang penjualan laptop bagi guru. Program yang sangat bagus diberikan oleh Klub Guru Indonesia (KGI) yaitu SAGUSALA. Program SAGUSALA mewujudkan Pendidikan abad 21 yang berkualitas melalui upaya setiap guru memiliki satu laptop dengan harapan dapat menghasilkan media belajar inovatif (konten pendidikan), berkolaborasi dengan guru di seluruh dunia dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Manfaat membeli laptop dari program tersebut adalah guru mendapatkan konten2 pembelajaran (gratis), bagi yang membayar tunai langsung mendapat potongan 500ribu, bagi yang menyicil atau kredit dengan bunga 0%, akses internet murah (Speedy), mengikuti pelatihan2 komputer (gratis) dan mendapat potongan harga lisensi Microsoft Office.

Menurut Pak Satria, dengan SAGUSALA ini :

1. Visi kita adalah : membuat lompatan kemajuan sistem pendidikan di Indonesia dengan transformasi di bidang pendidikan melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jadi visi kita bukanlah menjual laptop sebanyak mungkin. Laptop hanyalah alat yang kita anggap dapat membantu para guru dalam melakukan transformasi tersebut. Kita harapkan agar para guru dapat menjadi produktif dengan memiliki alat pembelajaran dan alat produksi (laptop) tersebut.
2. Misi kita adalah menjadikan guru-guru melek informasi dan memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan tugas mereka sebagai agent of change (pelaku perubahan)di sekolah. Jadi guru harus diajak agar benar-benar bisa MEMANFAATKAN (dan bukan sekedar menggunakan teknologi informasi secara pribadi) teknologi ini dalam kegiatan pembelajarannya. Jadi laptop hanyalah alat dan tujuannya adalah agar para guru dapat belajar secara mandiri dan dapat menghasilkan media pembelajarannya sendiri. Ini akan membedakan kita dengan berbagai upaya penjualan laptop di luar Sagusala.

Jadi setelah memiliki laptop yang lengkap dengan berbagai macam materi
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru dalam laptop tersebut maka kita akan mengadakan pelatihan berkala secara terstruktur kepada guru tersebut sampai guru tersebut benar-benar merasa percaya diri untuk memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TI tersebut di kelasnya. Tidak ada gunanya punya laptop dan mendapat pelatihan secara intensif jika tidak terjadi perubahan dalam praktek pembelajarannya di kelas. Transformasi itu harus dapat dirasakan
manfaatnya oleh siswa.

Selain pelatihan berkala dan terstruktur, kita juga akan membentuk Komunitas Guru Pembelajar TI yang tentu saja bukan untuk guru-guru yang mengajar TI saja tapi bagi semua guru yang ingin mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari TI dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru. Jadi ada ALAT, ada PELATIHAN, dan ada KOMUNITAS. Tentu saja akan ada para MENTOR yang akan membantu para guru tersebut dalam belajar. Program ini akan menjadi program yang komprehensif dalam menjawab tantangan dunia informasi.

3. Target yang hendak kita capai adalah dalam satu tahun ini adalah 1000 guru yang bisa kita jangkau (sebuah angka yang sangat kecil untuk ukuran jumlah guru yang ada tapi mungkin cukup ambisius bagi KGI).

Semoga dengan program ini dapat mempermudah para guru untuk terus belajar, demi kemajuan kualitas pendidikan Indonesia.

Anda seorang guru dan berminat untuk membeli laptop dari KGI? Panduan pembelian dan pemesanan, silahkan kunjungi alamat ini.

Semoga bermanfaat :)


Bookmark and Share

Artikel Terkait



0 comments: