Tuesday, January 31, 2012

Mengunduh Buku dari Google Book


Layanan Google makin lengkap saja! Tahu sendiri kan kalo Google juga menyediakan aneka informasi mengenai buku-buku elektronik (ebook) bermutu. Tengok saja ke http://books.google.co.id, lalu tinggal cari buku yang diinginkan, WOW!

Setelah menemukan buku yang cocok, sekarang Anda tinggal membacanya. Sayangnya, buku-buku yang ada tidak bisa diunduh begitu saja, dan juga tidak seluruh halaman disajikan. Bisa jadi setelah membaca beberapa halaman awal Anda tertarik untuk membeli versi lengkapnya.

Tapi tak perlu berkecil hati. Masih ada cara untuk mengunduhnya, meski ini tidak menjamin bahwa Anda bisa mendapatkannya seluruh halaman. Semuanya bergantung kepada pemilik buku, boleh diunduh lengkap ataukah hanya cukup beberapa halaman saja sebagai promosi.

Terdapat 5 tool yang bisa kita gunakan, salah satunya adalah Greasemonkey Script. Namun harap dicatat bahwa ini hanya berjalan pada browser Mozilla Firefox.

* Instalasi terlebih dahulu Greasemonkey Script dan Google book downloader userscript
* Instalasi FlashGot untuk browser Firefox, dan kemudian restart browser Firefox.
* Cari buku apa saja di books.google.co.id dan anda akan lihat tombol download pada sisi kiri seperti diperlihatkan contoh berikut.

Google book downloader

* Klik tombol Download untuk mengunduh setiap image. Pilih halaman yang ingin anda unduh dan kemudian klik-kanan, lalu pilih FlashGot untuk mengunduh halaman terpilih.

Semoga bermanfaat :)

Sumber bacaan: Aboutonlinetips
Bookmark and Share

Artikel Terkait



0 comments: