Tuesday, July 29, 2008

Kecepatan Membaca

Kali ini saya ingin membahas tentang kecepatan membaca. kalo kecepatan bukan manusia kayaknya gak perlu di bahas. Menurut sumber (Iwan Sugiarto, 2004) "Membaca tidak perlu paham 100%, cukup 70%... Manusia normal dalam teknik membaca rata-rata 250-300 kata/menit...Hasil survey record pembaca tercepat banyak berasal dari Belanda". Gimana halnya dengan membaca cepat text bahasa inggris?
kata guru saya, coba kamu mimpi ato ngomel pake bahasa inggris pasti cepat membaca text bahasa inggris n otomatis TOEFL kamu juga tinggi..huahuahahaha...
Mengapa kita harus membaca cepat? kata Mbah John F.Kennedy "Faster reades enjoy better grades at school and advances higher in their careers". Artiin sendiri maksud Mbah Kennedy itu ya.
Hmmm..dengan membaca cepat dapat melatih otak untuk berinteraksi dengan baik, menambah wawasan lebih banyak, perbanyak visualisasi sehingga otak banyak referensi. Survei membuktikan (nyontek dari sumber di atas) bahwa manusia rata-rata menggunakan 1% otak/hari. Otak memproses informasi lebih cepat dari mata. Jika tidak digunakan lama kelamaan akan hilang dengan sia-sia..Hiks..
Nah, ini yang penting utk dibaca.Yang harus dihindari dalam membaca cepat antara lain : membaca dengan suara keras, membaca dalam hati kata per kata, membuat catatan langsung, suka mengulang apa yg telah dibaca, posisi membaca yang salah (sambil tiduran), tidak fleksibel (semua dibaca), pasif (tidak tertarik pada topik dan tidak terlibat dalam bacaan), gangguan suasana sehingga tidak bisa konsentrasi (ribut), sistem kebut semalam (biasa menjelang ujian-->memperjelek daya ingat), tidak mendengarkan musik yang ada vocal (sebaiknya dengarkan musik2 instrumental).
Sebagai penutup tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada guru2 TeKa dan eS De yang telah mengajarkan bagaimana cara membaca kepada saya. Semoga amal ibadah bpk2 dan ibu2 dibalas Allah SWT.

Artikel Terkait



0 comments: